Latar Belakang LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia

Salah satu masalah dalam mengembangkan usaha jasa pariwisata adalah belum cukup tersedianya tenaga kerja yang cakap, terampil, memiliki skill yang baik dan profesional. Untuk menciptakan SDM yang unggul diberbagai sektor, khususnya pariwisata. Pemerintah Republik Indonesia membentuk Lembaga Independent yaitu Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja melalu sertifikasi kompetensi, BNSP memberikan lisensi kepaada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) melaksanakan sertifikasi kompetensi.

Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI) merupakan lembaga sertifikasi profesi yang melaksanakan pengembangan standar kompetensi, sertifikasi kompetensi pada suatu bidang tertentu. LSPP JDI dalam penerapannya telah mendapatkan lisensi dari BNSP berupa Sertifikat Lisensi yang ditanda tangani oleh Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor BNSP-LSP-1602-ID untuk dapat melaksanakan sertifikasi kompetensi

Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI) adalah LSP mandiri yang sebelumnya merupakan LSP cabang yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Cabang DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang sudah berperan dalam meningkatkan profesionalisme SDM sejak dibentuk tahun 2005. Kemudian pada tahun 2018 LSP Pariwisata Cabang DIY meningkatkan statusnya menjadi LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia yang disingkat LSPP JDI.

LSP Pariwisata Jana Dharma Indonesia memiliki 18 Skema Sertifikasi Kompetensi yang terdiri dari beberapa sektor, antara lain: